Kulit Bawang Merah Kaya Serat


Setiap kali mengupas bawang, kita pasti akan membuang kulitnya. Padahal, tanpa disadari ternyata kulit bawang kaya akan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Apa itu?

Menurut para peneliti, kulit berwarna kecokelatan dan lapisan eksternal bawang kaya akan serat dan flavonoid, sedangkan lapisan luar yang terbuang mengandung senyawa belerang dan fructans. “Kulit bawang merah bisa digunakan sebagai sumber alami dengan nilai fungsional tinggi karena sayuran ini kaya akan senyawa yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia,” kata Vanesa Benitez, seorang peneliti di Departemen Pertanian Otonomi Kimia di Universitas Madrid, Spanyol.

Menurut penelitian, kulit kecokelatan pada bawang dapat digunakan sebagai bahan fungsional tinggi serat dan senyawa fenolik, seperti quercetin dan flavonoid lain. Dua lapisan berdaging luar bawang juga mengandung serat dan flavonoid.

“Apalagi telah umum diketahui makan serat mengurangi risiko menderita penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanker usus besar, diabetes tipe-2, dan obesitas,” tambah peneliti, seperti dikutip dari ToI, Jumat (15/7).

Sementara itu, senyawa fenolik membantu mencegah penyakit koroner dan memiliki sifat antikarsinogenik. Tingginya tingkat senyawa ini di kulit kering dan lapisan luar umbi juga memberikan kapasitas antioksidan tinggi. Penelitian ini telah dipublikasikan secara rinci dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s