LATIHAN ULANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 2 SD

Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Rukun artinya ….
a. melakukan pekerjaan bersama-sama
b. hidup berdampingan dengan orang lain
c. menolong orang lain

2. Contoh hidup rukun di sekolah antara lain ….. kecuali
a. belajar bersama teman
b. menyapa teman di sekolah
c. menyontek saat ulangan

3. Rukun dengan teman dapat memperkokoh ….
a. pertengkaran
b. persatuan
c. perselisihan

4. Contoh hidup rukun di masyarakat adalah ….
a. mengganggu hewan peliharaan tetangga
b. menjenguk tetangga yang sedang sakit
c. tidak datang ketika diundang tetangga

5. Hidup rukun membuat suasana menjadi …
a. tentram dan damai
b. bermusuhan
c. bersemangat

6. Jika kakak sedang belajar, maka adik …..
a. mengajak kakak bermain
b. menyetel tv dengan keras
c. tidak mengganggu

7. Dengan gorong royong pekerjaan menjadi …..
a. cepat selesai
b. tidak selesai
c. terbengkalai

8. Manusia disebut makhluk sosial artinya ………..
a. manusia membutuhkan bantuan orang lain
b. manusia dapat hidup sendiri
c. manusia tidak memerlukan bantuan orang lain

9. Sikap yang mencerminkan cinta lingkungan adalah …..
a. membuang sampah pada tempatnya
b. menebang pohon sembarangan
c. mencoret-coret tembok

10. Hewan yang banyak diburu untuk diambil gadingnya adalah ……..
a. harimau
b. kerbau
c. gajah

11. Contoh tumbuhan yang digunakan untuk apotek hidup adalah ….. kecuali
a. jahe
b. sirih
c. mawar

12. Contoh perbuatan yang menyayangi hewan adalah ….
a. memberi makan secara teratur
b. memukuli bila nakal
c. menarik-narik ekornya

13. Contoh perbuatan mencintai tumbuhan adalah …..
a. membiarkan tumbuhan lau dan mati
b. menyiram tumbuhan secara teratur
c. memetik bunga sembarangan

14. Daur ulang dan reboisasi adalah upaya untuk …………. lingkungan
a. melestarikan
b. merusak
c. menghancurkan

15. Lahan pekarangan yang kosong sebaiknya ….
a. dibiarkan kering
b. ditanami dengan tanaman yang bermanfaat
c. dibuat arena bermain

16. Membuang sampah ke sungai dapat menyebabkan ……….
a. banjir
b. keindahan
c. kemarau panjang
17. Makanan pokok bangsa Indonesia adalah ….
a. jagung
b. beras
c. kentang

18. Musyawarah merupakan pencerminan dari Pancasila sila ke ….
a. dua
b. tiga
c. empat

19. Tujuan musyawarah adalah mencapai …..
a. keputusan pribadi
b. keputusan bersama
c. keputusan golongan

20. Dalam musyawarah kita harus mengutamakan kepentingan ………..
a. sendiri
b. bersama
c. sekelompok orang

21. Pemungutan suara dilaksanakan jika tidak diperoleh ……………….
a. kebijaksanaan
b. kesepakatan
c. kecocokan

22. Sikap kita terhadap hasil keputusan musyawarah adalah ………..
a. melaksanakan dengan tanggung jawab
b. menolak dengan marah
c. acuh tak acuh

23. Jika orang lain mengeluarkan pendapat dalam musyawarah, maka sikap kita …..
a. memotong pembicaraan orang lain
b. menentang pendapat orang lain
c. mendengarkan dan menghormati pendapat orang lain

24. Contoh musyawarah di sekolah adalah ………
a. mengerjakan soal ulangan
b. mengerjakan pr
c. memilih ketua kelas

25. Jika pendapat kita tidak diterima dalam musyawarah, maka sikap kita sebaiknya ….
a. putus asa
b. lapang dada
c. marah
26. Yang bukan merupakan sikap yang baik dalam musyawarah adalah ….
a. memberi kesempatan orang lain untuk berpendapat
b. menerima hasil keputusan musyawarah
c. memaksakan kehendak kepada orang lain

27. Jika kita kalah dalam suatu pertandingan, maka sikap kita …..
a. menolak keputusan juri
b. berjiwa besar dan mengakui kemenangan lawan
c. menganggap lawan bersikap curang

28. Kita harus jujur dalam …………..
a. perkataan
b. perbuatan
c. perkataan dan perbuatan

29. Siswa yang jujur dalam mengerjakan ulangan akan ………..
a. mencontek pekerjaan teman
b. mengerjakan dengan kemampuan sendiri
c. membuka buku pelajaran

30. Jujur artinya mengatakan yang ………………
a. disenangi
b. dibenci
c. sebenarnya

31. Orang yang selalu berkata jujur akan ……………… oleh orang lain
a. disenangi
b. dipercaya
c. dibohongi

32. Sikap jujur harus dibiasakan sejak ……
a. kecil
b. besar
c. susah

33. Jika mendapat nilai ulangan jelek sebaiknya …………………..
a. menyembunyikan kertas ulangan dari orang tua
b. memberitahu yang sebenarnya kepada orang tua
c. merobek kertas ulangan agar tidak ketahuan orang tua

34. Jika tanpa sengaja kamu memecahkan bola, maka sebaiknya kamu …….
a. membersihkan pecahan gelas agar tidak ketahuan
b. cepat-cepat membeli gelas baru
c. berterus terang kepada ibu
35. Jika kamu melihat uang terjatuh di halaman sekolah, maka sebaiknya kamu ….
a. melaporkan kepada guru
b. membiarkan saja uang tersebut
c. menyimpan dan menjajankan uang tersebut

36. Disiplin bertujuan agar …………..
a. mendapat pujian
b. memperoleh penghargaan
c. hidup menjadi tertib

37. Bersikap sesuai aturan yang berlaku disebut ….
a. patuh
b. taat
c. tertib

38. Jika semua pemakai jalan bersikap disiplin, maka lalu lintas akan ….
a. aman dan rapi
b. aman dan lancar
c. bersih dan rapi

39. Manfaat jika kita disiplin dalam belajar adalah ……
a. prestasi meningkat
b. menjadi kaya
c. disenangi teman

40. Contoh sikap disiplin di rumah adalah …… kecuali
a. bangun pagi
b. tidur larut malam
c. merapikan tempat tidur

41. Contoh sikap disiplin di sekolah adalah …..
a. datang tidak terlambat
b. memakai seragam sekolah
c. mengobrol di dalam kelas

42. Siswa yang disiplin pada saat upacara bendera akan bersikap ….
a. tertib dan khidmat
b. bermain-main
c. bercanda dengan teman

43. Pejalan kaki harus berjalan di …..
a. kanan jalan
b. kiri jalan
c. trotoar
44. Supaya nilai rapor kita bagus, maka kita harus rajin …….
a. belajar
b. membeli buku
c. bermain

45. Jika sepatu kita kotor sebaiknya dicuci oleh …..
a. ibu
b. pembantu
c. kita sendiri

46. Jika ingin berhasil maka seseorang harus …..
a. bermalas-malasan
b. senang bekerja
c. bersenda gurau

47. Saat sedang mengerjakan PR, temanmu mengajak bermain, maka sikapmu ….
a. menyuruhnya pulang
b. segera bermain dengan teman
c. memintanya menunggu sampai kamu selesai mengerjakan PR

48. Orang yang mudah berputus asa biasanya …..
a. senang membantu orang lain
b. selalu mengeluh dalam bekerja
c. semangat dalam bekerja

49. Prestasi dapat dicapai dengan cara …..
a. mengadu nasib
b. belajar giat dan tekun
c. berpikir dengan keras

50. Ketika mengalami kegagalan berarti kita …..
a. menjadi putus asa
b. harus bekerja lebih giat
c. merasa menjadi orang yang tidak beruntung

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Hidup rukun dilakukan di …………………….. , ……………………….., dan ………………………..
2. Jika berbuat salah, harus segera ……………………………
3. Hidup rukun dapat menghindari …………………….
4. Bersatu kita ……….. bercerai kita ……………………….
5. Hidup rukun merupakan pengamalan Pancasila sila ke …….
6. Reboisasi adalah ………………………….
7. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan adalah ……
8. Polusi udara disebabkan oleh ………………………… dan …………………………….
9. Menangkap ikan dengan bahan peledak dapat ……………………………. lingkungan
10. Hewan dan tumbuhan langka seharusnya …………………………
11. Hutan yang gundul mengakibatkan terjadinya ………………… dan ………………..
12. Musyawarah bertujuan untuk mencapai …………………….
13. Mufakat adalah …………….
14. Tugas pemimpin musyawarah adalah ………………..
15. Sikap sportif adalah ………………………….
16. Rembug desa adalah ………………………………..
17. Dalam pemungutan suara, keputusan diperoleh berdasarkan ……………………….
18. Membicarakan suatu masalah bersama-sama disebut ………………………..
19. Jika pendapat kita tidak disetujui kita tidak boleh …………………..
20. Berani berkata jujur artinya berkata yang ……………………..
21. Kejujuran berlandaskan kepada ……………………………..
22. Jika terlambat masuk sekolah, kita harus memberi tahu alasan kita dengan ……………….
23. Mencontek saat ulangan dapat merugikan ……………………. dan ……………………….
24. Saat bermain dengan teman maka kita tidak boleh bersikap ……………………..
25. GDN singkatan dari ………………………………
26. Anak yang disiplin akan bermain layang-layang di ……………………..
27. Setiap janji yang diucapkan harus …………………………
28. Displin membuat hidup kita menjadi ……………………………
29. Ciri anak yang disiplin adalah …………………..
30. Siswa yang disiplin akan mengerjakan PR di ………………………….
31. Menyeberang jalan sebaiknya di di ………………………… atau ………………………..
32. Pengendara motor harus mengenakan ………………………….
33. Jika lampu lalu lintas berwarna merah, maka pengendara harus ……………………
34. Regu piket bertugas untuk …………………………….
35. Membangun jembatan di desa dapat dilakukan dengan cara ………………..

Jawablah dengan singkat dan jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan manusia adalah makhluk sosial ?
2. Sebutkan 3 manfaat hidup rukun !
3. Jelaskan 4 manfaat gotong royong !
4. Sebutkan 3 manfaat dari pohon kelapa !
5. Sebutkan 3 cara untuk menjaga lingkungan !
6. Sebutkan 4 sikap dalam bermusyawarah !
7. Kapan pemungutan suara dilaksanakan ?
8. Jelaskan arti dari kejujuran !
9. Sebutkan 3 manfaat kejujuran !
10. Sebutkan 3 contoh kejujuran di lingkungan sekolah !
11. Apa yang dimaksud dengan disiplin ?
12. Sebutkan 3 contoh disiplin di rumah !
13. Sebutkan 3 manfaat giat bekerja !
14. Bagaimana cara menumbuhkan sikap disiplin dan senang bekerja ?
15. Sebutkan ciri-ciri orang yang giat bekerja !

Jawaban

1 b    11 c   21 b   31 b   41 c
2 c   12 a   22 a   32 a   42 a
3 b   13 b   23 c   33 b   43 c
4 b   14 a   24 c   34 c   44 a
5 a   15 b   25 b   35 a   45 c
6 c   16 a   26 c   36 c   46 b
7 a   17 b   27 b  37 c   47 c
8 a   18 c   28 c   38 b   48 b
9 a 19 b 29 b 39 a 49 b
10 c 20 b 30 c 40 b 50 b

1. rumah, sekolah, masyarakat
2. minta maaf
3. perselisihan/pertengkaran/permusuhan
4. teguh, runtuh
5. 3
6. penanaman kembali hutan yang sudah gundul
7. jati, mahoni
8. asap kendaraan bermotor, asap pabrik
9. merusak
10. dilestarikan
11. banjir, tanah longsor
12. mufakat/kata sepakat
13. kata sepakat/kesepakatan antara seluruh peserta musyawarah
14. memimpin jalannya musyawarah
15. sikap menerima kekalahan dengan lapang dada
16. musyawarah yang terjadi di desa
17. suara terbanyak
18. musyawarah
19. marah/memaksakan kehendak
20. sebenarnya
21. hati nurani
22. terus terang/jujur
23. diri sendiri, orang lain
24. curang
25. gerakan disiplin nasional
26. lapangan
27. ditepati
28. tertib dan teratur
29. selalu mengerjakan tugas tepat waktu
30. rumah
31. zebra cross, jembatan penyeberangan
32. helm
33. berhenti
34. membersihkan ruang kelas
35. gotong royong

1. Manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan bantuan orang lain]
2. Hidup menjadi damai, memperkokoh persatuan, tidak terjadi pertengkaran
3. Pekerjaan menjadi ringan, pekerjaan cepat selesai, tercipta kerukunan, mempererat persatuan.
4. Daun untuk hiasan pesta, batang untuk bahan bangunan, buah dan air dibuat minuman
5. Menanami kembali hutan yang gundul, tidak menebang pohon sembarangan, tidak membuang sampah di sungai.
6. Memberikan pendapat dengan sopan, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan kehendak, menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan ikhlas.
7. Bila tidak tercapai kata sepakat (kesepakatan)
8. Sikap yang menunjukkan kesesuaian antara perkataan dan perbuatan.
9. Dipercaya orang, disayang guru dan orang tua, disenangi teman.
10. Tidak mencotek saat ulangan, mengerjakan PR sendiri, bermain tidak curang.
11. Sikap taat kepada aturan.
12. Bangun pagi, tidur tidak larut malam, nonton tv tidak berlebihan.
13. Pekerjaan menjadi cepat selesai, pekerjaan terasa ringan, mendapat hasil yang memuaskan.
14. Mengerjakan tugas tepat waktu dan tidak ditunda-tunda.
15. Tidak menunda-nunda pekerjaan, rajin dan tekun dalam bekerja, semangat dalam bekerja.

SEMOGA BERMANFAAT……..

http://rangkuman-pelajaran.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s