Kesehatan Balita

Usia balita adalah usia dimana anak Anda bertumbuh dan berkembang dengan pesat. Karenanya, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatannya dari berbagai gangguan penyakit. Tentu saja Anda tidak bisa melindungi ia senantiasa dari lingkungan luar. Tetapi mencegah selalu lebih baik daripada mengobati dan tips-tips dibawah ini akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan buah hati Anda.

* Pastikan Anda memeriksakan kesehatan balita Anda ke dokter secara berkala.
Di usia balita, saat tubuh dan otak berkembang dengan pesat, pemeriksaan ke dokter anak secara berkala adalah sesuatu yang penting bagi balita Anda. Sering kali kita menganggap bahwa hanya perlu pergi ke dokter bila ia sakit, biasanya diindikasikan dengan suhu tubuhnya yang panas. Tetapi dokter tidak hanya berfungsi untuk mengobati penyakit. Pemeriksaan berkala ke dokter, walaupun anak Anda tidak mengalami gejala penyakit, bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan si Kecil.

* Jangan lupa imunisasi dan vaksin yang bisa membantu daya tahan tubuh mereka.

* Pastikan anak Anda mempunyai pola makan yang sehat.
Nutrisi yang tepat akan membantu daya tahan tubuh balita Anda untuk mencegah berbagai penyakit. Pastikan makanannya mengandung nutrisi yang lengkap: vitamin, kalsium, zat besi, diantaranya. Sayuran dan buah-buahan harus ada di dalam menu anak Anda setiap hari. Selain itu, pastikan agar makanannya tidak mengandung terlalu banyak garam atau gula. Berikan makanan yang rendah lemak dan kolesterol untuk mencegah obesitas dini. Dan ingatlah untuk mendisiplin pola makannya dari junk food dan makanan jajanan yang tidak sehat untuknya.

* Ajaklah anak Anda untuk berolahraga.
Anak Anda membutuhkan latihan fisik agar ia tetap sehat. Dan bila ia sudah biasa berolahraga sejak kecil, di masa dewasanya pun ia akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol. Olahraga untuk si Kecil tidaklah harus rumit, mengajak mereka belajar berenang, atau bermain bola di halaman sudah cukup untuk usia mereka. Tetapi, pastikan ia menikmati aktivitasnya, jangan terlalu memaksakan kehendak Anda. Gabunglah permainan dengan olahraga agar ia tidak bosan.

Menjaga kesehatan balita Anda tidaklah susah. Yang penting adalah memastikan ia mendapatkan nutrisi yang tepat dan mempunyai gaya hidup yang sehat. Pastikan ia minum susu dua gelas sehari, makan makanan yang bernutrisi tinggi, dan berolah fisik setiap hari. Jangan lupa juga untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala. Langkah-langkah yang praktis dan mudah ini bisa menghindarkan balita Anda dari berbagai penyakit, dan buah hati Anda pun tumbuh sehat, kuat dan cerdas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s