Terbebas dari jeratan utang

Kalau Anda termasuk tipe orang suka pinjam uang atau ‘ ngutang ‘ tentuanda tahu betapa sulitnya mengembalikan uang orang. Apalagi pendapatan anda pas – pasan dan sudah terpakai di posnya masing – masing . Satu kebiasaan yang sulit di atasi oleh semua pengutang, menunda-nunda bayar utang meskipun sudah dianggarkan sebelumnya. Biasanya anda bersikap menunggu ditagih,dan itu sangat tidak terpuji selain utang anda akan menumpuk terus.

Beberapa tips berikut sangat berguna bagi anda didalam mengelola utang :

1. Jumlahkan semua utang anda. Berapapun kecilnya pinjaman anda, tetap dimasukan dalam perhitungan jumlah utang anda. Kalapun pemberi utang tampaknya tidak memperhitungkanya lagi, jangan berspekulasi.

2. Akuilah bahwautang tersebut adalah masalah penting yang harus segera anda selesekan . Begitu anda mendapat uang, hal pertama yang harus anda ingat adalah membayar utang.

3. Koreksilah prilaku ekonomi anda selama ini. Kalauanda tergolong pemborosdan sukamengobral kartu kredit di setiap pusat pembelanjaan, maka saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk itu.

4. Hubungi kreditor, lakukan negosiasi untuk memperpanjang masa pelunasan atau mengurangi beban utang. Jangan sekali – kali lari atau menghindar dari tagihan, karena anda pasti akan berurusandengan hokum, hanya masalah wktu saja.

5. Buat laporan keuangan keluarga anda untuk mengetahui besarnya asset, utang, dan likuiditas keuangan keluarga anda. Dengan demikian semua perencanaan pengeluaran akan menjadi realities. Susunlah sebuah perencanaan keuangan secara menyeluruh, gunakan laporan keuangan yang telah anda buat sebagai bahan pertimbangan. Taatilah perencanaan keuangan yang telah anda susun.

6. Mulailah menabung dan berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan anda. Kalau memang harus berutang, upayakan utang yang dapat meningkatkan produktivitas atau yang benar – benar berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s