Dukungan bagi si kecil

Kehadiran bayi bagi pasangan suamii istri umumnya disambut dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Penyambutan dan penerimaan yang baik dan menyenangkan sangat mempengaruhi perkembangan bayi,jika di sambut dengan baik maka perkembangan bayi akan berjalan baik dan sehat.Hal ini sangat penting sebagai dukungan orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak.

Suasana keluarga yang harmonis dan bahagia,akan memberikan dampak yang baik dan sehat untuk proses adaptasi bayi dengan lingkungan,sehingga anak dapat hidup dengan baik.Karenanya,perkembangan kecerdasan dan emosional akan baik dan sehat.

Banyak orang tua tak menyadari,kemampuan bayi pasca lahir menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya dipengaruhi oleh sikap mereka.Secara garis besar,sikap orang tua ini dapat digolongkan menjadi sikap yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.Sikap orang tua yang menyenagkan tentu saja menguntungkan si kecil karena membantu kecepatan dan keberhasilanya menyesuaikan diri pada kehidupan pascalahir.

Bila sikap orang tua yang tidak menyenangkan,apapun alasannya,hal itu akan tercermin dalam perlakuannya terhadap bayi.Hubungan orang tua dan bayi akan penuh dengan tekanan emosional.Pada akhirnya,sikap itu menghalangi keberhasilan bayi untuk beadaptasi.Misal,ia jadi sering menangis atau sulit makan dan tidurnya tidak nyenyak.

AYAH PUN BERPERAN

Sikap yang menyenangkan ditandai dengan tak ada ketegangan emosi dan gelisah orang tua saat berinteraksi dengan bayi.seorang ibu yang tenang misalnya biasanya menghasilkan ASI lebih banyak daripada ibu yang tegang dan gelisah.Hal ini membantu bayi menyesuaikan diri dengan cara baru untuk memperoleh makanan.Sekalipun sikap ibu lebih menentukan,sikap ayah tak dapat diabaikan.Secara tak langsung,sikap ayah menjadi penting karena pengaruhnya terhadap sikap ibu.Secara langsung,sikap ayah juga penting karena ia harus menghadapi dan bertanggungjawab membantu merawat bayi yang di bawa pulang dari rumah sakit.Sikap menyenangkan ini sebenarnya dapat di bangun dengan menyaksikan peristiwa kelahiran dari dekat.Ayah yang hadir di kamar persalinan untuk mendampingi ibu biasanya bersikap lebih menyenangkan  terhadap bayinya dari pada yangtidak.

KONDISI YANG MEMPENGARUHI

Sikap orang tua bayi yang baru lahir,tentu saja dipengaruhi oleh sikap yang berkembang selama periode kehamilan,kelahiran dan perawatan setelah meninggalkan rumah sakit.Beberapa kondisi tertentu sangat mempengaruhi sikap ibu sedangkan kondisi yang lain sangat mempengaruhi sikap ayah.Hal ini perlu diketahui agar orang tua dapat mengantisipasi setiap kondisi untuk kemudian meminimalisir sikap negatif yang ditimbulkanya.Kondisi itu adalah

Pengenalan tugas sebagai orang tua

Orang tua yang berpengalaman merawat anak, baik anak sendiri maupun anak orang lain,memiliki sikap lebih yakin ketika harus merwat bayi yang baru lahir.Ada baiknya calon orang tua mengikuti kursus kursus yang di berikan oleh rumah sakit atau rumah bersalin sebelum waktu kelahiran tiba.

Pengalaman melahirkan

Sikap ibu terhadap bayi akan lebih menyenangkan kalau pengalaman melahirkannya relatif mudah,tak lama,tak suli,dan tak disertai komplikasi fisik.sikap ayah juga akan diwarnai oleh pengalaman melahirkan dari istrinya.

Kondisi fisik ibu setelah melahirkan

Makin cepat kondisi ibu pulih setelah melahirkan makin menyenangkan sikapnya terhadap bayi dan makin yakin ia pada kemampuannya untuk menjalankan peran ibu secara memuaskan.

Cemas tentang biaya

Kalau tejadi komplikasi pada persalinan seperti pembedahan cesar,kelahiran premature yang memerlukan perawatan khusus hingga harus lebih lama tinggal di rumah sakit atau ada cacat bawaan yang tampak pada saat kelahiran,maka sikap orang tua akan dibayangi kecemasan mengenai biaya yang tak terduga.Kecemasn ini berpotensi menimbulkan ketegangan yang membawa sikap tak menyenangkan terhadap bayinya.

Kecacatan bayi

Bila janin diduga dan ternyata lahir cacat,sikap orang tua akan di warnai oleh kekecewaan dan kegelisahan tentang normal tidaknya bayi di masa datang maupun biaya-biaya tambahan yang diakibatkanya

Penyesuaian diri bayi pascalahir

Semakin cepat semakin baik penyesuaian bayi pada lingkungan setelah kelahirannya,maka sikap orang tua semakin menyenangkan.Sebaliknya jika penyesuaian berlangsung lambat dan tak memuaskan sikap orang tua dapat berkembang kurang menyenangkan.Sebaiknya orang tua mengubah irama kehidupannya setelah sang bayi lahir.Hal ini penting agar perhatian dan kesiapan orang tua dalam merawat bayi berlangsung dengan baik.

Tangisan bayi

Bayi yang terus menangis tanpa sebab yang jelas akan mendorong berkembangnya sikap kurang menyenangkan,tidak saja pada orang tua tapi juga pada semua anggota keluarga.menghadapi hal orang tua dan anggota keluarga yang lain harus memahami kondisi bayi,dan jadikan bahan renungan bahwa ketika ia masih bayi pun seperti yang kini mereka alami yaitu merawat bayi.Kesabaran dan keyakinan akan masa depan yang lebih akan memberikan motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan dan pertumbuhan bayinya agar tumbuh sehat dan cerdas.

Ketidaksenangan orang tua akan bertambahnya pekerjaan dan biaya pengeluaran

Kalau orang tua menghadapi kenyataan bahwa perawatan bayi menuntut lebih banyak pekerjaan,menghabiskan waktu dan ruang privasi,meningkatkan kebutuhan rumah tanggga serta harus mengeluarkan biaya lebih banyak dari pada yang di bayangkan sebelumnya,sikap mereka terhadap bayi akan  kurang menyenangkan dibanding kalau orangtua menyiapkan segala sesuatunya sejak awal.

Gelisah tentang kenormalan bayi

Jika bayi harus tinggal lebih lama di rumah sakit daripada biasanya karena belum cukup umur,cacat atau mengalami kesulitan dalam penyesuaian pasca lahir,orangtua tidak hanya akan gelisah tentang kenormalan bayinya tapi juga kemampuan mereka untuk merawatnya ssepulang dari rumah sakit.

Gelisah tentang kelangsungan hidup bayi

Jika bayi harus tinggal lebih lama di rumah sakit daripada biasanya dan harus di beri perhatian khusus,orang tua jadi gelisah tentang kelangsungan kehidupan bayi. Jika bayi berhasil hidup orang tua cendrung sangat melindungi padahl sikap terlalu protektif ini dapat berkembang menjadi sikap yang tidak menyenangkan.

Harapan orang tua

Jika bayi mempunyai jenis kelamin seperti yang di harapankan orang tua,ditambah rupa yang menarik,maka sikap  orang tua akan jauh lebih menyenangkan daripada bila jenis kelamin tak sesuai keinginan dan penampilanya tak memenuhi konsep ” bayi ideal ” orang tua. Anak adalah harapan orangtua dan buah cinta kasihnya,sehingga anak diberikan perhatian dan perawatan yang maksimal.

Anak adalah amanat Allah SWT yang harus dirawat sebaik mungkin agar tumbuh optimal dan menjadi anak yang beriman dan bertakwa. Oleh karena itu orang tua harus menerima amanah itu dengan penuh keikhlasn dan kesabaran.penerimaan yang tulus ini akan menjadikan anak tumbuh dengan baik dan mempunyai mental yang sehat.

sumber : ayah bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s