Cara isi ulang tinta printer hp

Awalnya gw bingung saat beli printer, merk apa yang baik untuk di gunakan dari cara merawat, harga dll lalu gw putuskan untuk membeli printer MERK HP, dengan alasan karena catridgenya yang mudah perawatannya, catridge yang terpisah dari kuningan head printer sehingga lebih awet, untuk mengisi tinta mungkin lebih rumit dari merk canon atau epson yang menggunkan bak tinta lebih besar, namun menurut gw untuk segi awet dan pemakaian di rumah HP lebih cocok, tapi itu pendapat gw pribadi.

Gw akan menjabarkan tips mengisi ulang cartridge
warna Printer hp dengan sekaligus membersihkan catridge, tanpa harus membawa catridge anda ke tempat isi ulang atau refill catridge, tujuannya agar lebih cost down/penghematan untuk kantong anda.

Saat ini alfaridzy menjabarkan dengan media catridge 22 atau untuk warna dari printer HP, jika anda bertanya bagaimana cara mengisi tinta warna hitam justru lebih mudah, dan langkahnya sama saja.


Contoh catridge warna yang di gunakan

Beberapa benda yang harus di siapkan:

  • Tisu
  • Manggok kecil atau tatakan gelas/lepek
  • Tinta Isi ulang, warna
  • Air hangat, jangan terlalu panas
  • can catridge yang mau di isi tinta

Tisu gunanya untuk membersihkan sisa tinta yang luber atau berantakan, sekaligus test penyerapan dari catridge


Beberapa Merk tinta warna Printer HP sudah cukup terkenal dan murah meriah harga berkisar 25 ribu s/d 35 ribu, untuk beberapa kali mengisi catridge, contoh tinta yang Gw gunakan adalah merk Dataprint


Warning : Tidak menyentuh dan jangan sampai terkena Air bagian kuningan yang menghubungkan head seperti pada gambar di bawah


Bagian yang akan kita bersihkan adalah bagian keluarnya tinta dari catridge hingga menyemprotkan ke kertas, bagian inilah yang biasanya kotor, karena sisa-sisa tinta setelah anda menggunakan untuk nge-print


Baiknya anda mengisi dahulu sebelum membersihkan catridge, karena beberapa orang yang mengisi sendiri catridge printer tintanya menetes dan mengotori lantai, maka gunakan koran untuk alas saat mengisi tinta.

Buka label dari catridge, maka disana ada 3 lubang yang akan kita isi tinta sesuai warna tinta Kuning, Merah, Biru sesuai pada gambar di bawah:

Catatan : Label/sticker catrid warna nomor 22 menggambarkan warna biru, merah, kuning tapi lubang tidak sesuai dengan warna sticker, lubang catridge warna kalau kita baca dari kiri, dengan tulisan sticker tidak terbalik, kuning, merah, biru (baca dari kiri-kanan)


kuningan yang menghubungkan head berada di atas saat mengisi tinta, dan lubang keluarnya tinta juga sebaiknya tidak berada di bawah, sehingga tinta yang di masukan ke katridge tidak langsung merembes ke bagian keluarnya tinta (di gambar Gw menggunakan satu tangan, sebaiknya gunakan 2 tangan anda saat mengisi)


Setelah merasakan agak berat atau biasanya gw menggunakan tinta hanya 1/3 dari 10cc yang gw beli, dengan kata lain 1 suntikan gw bisa menggunakannya 3 kali pengisian, agar tidak berantakan dan menetes.

Siapkan air di mangkok atau tatakan gelas, air hangat tidak panas dan tidak terlalu banyak kira-kira dalam air hanya 3 cm dari permukaan, catridge yang siap untuk di bersihkan sebelumnya tutup sticket yang rapa atau bisa menggunakan solatip agar lebih kuat.

celupkan bagian keluarnya tinta dari catridge, (hanya menempel pada permukaan air, bukan di celup) biasanya catridge yang tidak di gunakan dalam beberapa minggu mengering pada lubang-lubang semprot tinda tersebut, maka air hangat gunanya untuk mencairkan bagian itu.


Setelah di rendam di permukaan, maka tinta lumer, bersihkan dengan tisu (jangan menggosok seperti menyemir sepatu, tapi menempel dengan tisu sehingga tisu menyerap bagian itu) agar lubang semprot tidak trusak, tapi untuk sampingnya yang banyak tinta tidak papa kalau di gosok dengan tisu yang halus.

ketika sudah bersih tampak seperti di bawah:


saat mnegetes tinta yang keluar dari print, cetak menggunakan media pengetikan atau apa saja, buatlah gambar atau bulat, kotak apa saja yang khusus warna dari apa yang di isii tadi kuning, merah, biru

lalu gambar yang menyatukan warna, apakah sudah terlihat dengan sempurna hasil print, jika belum teruslah print sampai hasilnya baik, jika tidak juga membaik hasil print masih bergaris, bersihkan lagi dengan tisu dan air hangat berulang seperti di atas.


Hasil print sudah baik, maka anda sudah berhasil.

Kasus : gw pernah ngeprint berulang kali tapi gak keluar warna merahnya, yang kelauar warna biru sama kunignnya doang, lubang warna merahnya mampet total, lalu caranya gw rendem air anget seperti cara di atas agak lama, trus di bersihin pake tisu, lalu buka lagi sticker catridge, gw meniup lobang warna merah yang di tengah, sehingga tinta keluar dati lubang semprotnya, alhasil merahnya pun bisa di gunakan lagi, dan hasilnya tampak seperti diatas.

selamat mencoba

 

sumber: alfaridzy.wordpress.com

About these ads

7 Responses to Cara isi ulang tinta printer hp

  1. zuddinks aja mengatakan:

    Terima kasih atas informasinya jadi lebih faham cara isi ulang tinta printer…
    Syukron…!!

  2. Woeng Obongoobong mengatakan:

    nah ko udah di isi tinta gtu trus gmna cara mersihin na..???

  3. Terima kasih banyak infonya.. :D

  4. zyaiful mengatakan:

    makasih infona……….. aku coba nih mg bisa lancar

  5. zyaiful mengatakan:

    wahhhhhh kok malah gak keluar sama sekali………… kertasku tetap bersih putih kayak kapas

  6. alan mengatakan:

    syukron katsiron..jazakallah.

  7. vitri mengatakan:

    saya dulu pernah salah isi tinta…
    kemudian saya bersihkan dengan cara mrendam air hangat
    kemudian saya isi lg sesuai warna yg benar…
    tetapi kok tetaptidak bisa bersih ya warnanya
    tyus yg item jg gag mau keluar
    mohon bantuanne yaa….makasihh
    (saya pakek printer HP jg)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.